Sunday, November 27, 2011

EQUITY MARKET RISK

Kali ini saya ingin memberikan gambaran tentang resiko yang ada di pasar modal. Tujuan dari postingan ini adalah memberikan gambaran utuh tentang RISK & REWARD dari trading / investasi saham . Karena selama pengalaman saya trading di market saham, khususnya di BEI,  hampir dapat saya katakan 95% analis maupun trader selalu melihat market dengan cara pandang optimisme yang berlebihan. Contoh: kita lebih sering mendengar kata BUY, tetapi jarang mendengar atau membaca kata SELL. kita lebih sering BERHARAP harga saham NAIK tetapi faktanya  malah turun. Kita lebih sering nyangkut daripada punya cash. 

Di market, pola pandang harus di ubah, yaitu dengan cara  mengkalkulasi terlebih dahulu  risk daripda mengkalkulasi dulu profit. Jika kita mengkalkulasi risk maka profit will follow, sebaliknya bila kita mengkalkulasi profit lebih dulu maka risk will follow.

Berikut saya berikan gambaran utuh equity market di bursa yang berbeda yaitu Nikkei, FTSE dan Dow selama 10-20 tahun terakhir :




Coba perhatikan :
  • Indeks Nikkei selama 20 terakhir dari 35000 sekarang hanya sekitar 8100
  • Indeks FTSE tahun 2000 berada di area 6500 sekarang ada di sekitar 5100
  • Indeks Dow tahun 2000 berada di area 11700 sekarang ada di sekitar 11200
Bagaimana dengan IHSG? gambaran utuh ini  akan memberikan kita suatu pemahaman bahwa di equity market selalu beresiko tinggi. Sudahkah anda mempersiapkan diri anda  untuk benar-benar terjun di bursa saham ? 

Good luck

No comments: